Jumat, 15 September 2023

Kunjungan Kepala Kanwil

 Silaturahmi Bapak Kepala Kanwil 

Kemenag Jawa barat di MAN 1 Sukabumi



Hari Sabtu, 16 September 2023 silaturahmi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat bertempat di MAN 1 Cibadak Sukabumi. Dalam sambutannya bapak kepala kantor menyampaikan amanatnya bahwa siswa yang sekarang duduk di Madrasah Aliyah pada saat Indonesia emas pada tahun 2045 berada pada usia produktif. Siswa-siswa dari madrasah ini harus dididik maksimal pada saat ini agar mereka dapat berperan aktif. 

Bapak kepala kanwil juga mengamanatkan agar semua pejabat dan pegawai kementerian agama memiliki integritas tinggi dengan tetap berkomitmen pada tugas yang diembannya. Insya Allah di tahun pelajaran 2024-2025 akan ada MAN IC dengan fasilitas memadai dengan satu rombel hanya 14 siswa. Ini agar kualitas pendidikan di madrasah benar-benar memiliki kualitas. 

Di setiap madrasah diharapkan pembelajaran dengan bilingual, berbahasa inggris dan bahasa arab sebagai program unggulannya. Mendidik siswa untuk menjadi anak pintar yang cerdas. Beliau berpendapat bahwa ketika menghadapi apapun, orang pintar cerdas pasti akan mencari solusi, sedangkan orang pintar malas pasti mencari alasan.

Selain itu pada kesempatan silaturahmi ini dideklarasikan ikrar integritas bebas korupsi, kolusi, dan siap melayani yang pembacaan ikrarnya diwakili kepala MAN 1 Sukabumi diikuti 3 kepala MAN di lingkungan Kabupaten Sukabumi. Integritas atas inisiatif sendiri untuk melakukan disiplin diri. Memiliki integritas dalam pesiapan, penataan, pelaksanaan, tata laksana, serta evaluasi.

Program di pendidikan madrasah harus terus ditingkatkan. Sebagai contoh dalam KSM siswa dari madrasah masih ketinggalan. Ini karena kurangnya penguasaan bahasa atau masih minim/rendah. Untuk peningkatan ini, madrasah didukung dengan bantuan dana BPMU untuk tingkat Aliyah. 

Pada program AKMI masih ada 6 lembaga yang belum input data, dan 4 lembaga dari sukabumi yakni 1 MIS dan 3 MTs. Begitu juga input data di emis untuk kepentingan semua yang terkait.

Hari santri di tahun ini kemungkinan akan lebih gebyar. Ada 2 titik utama peringatannya untuk tingkat nasional yakni di Jawa barat dan Jawa timur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siap Asesmen Madrasah

 ASESMEN MADRASAH TP 2023-2024         Di bawah ini disajikan prosedur operasional standard (POS) asesmen madrasah tahun pelajaran 2023-2024...