Jumat, 27 November 2020

Nilai

 


RESUME : NILAI

 

PROSES PENCIPTAAN NILAI, MAKNA NILAI, JENIS NILAI, DAN

PRODUK PENGARUH NILAI

 

A.      DEFINISI MAKNA NILAI (VALUE CREATION)

Ø Nilai adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yg berlawanan atau tidak sesuai harapan.

Ø Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seseorang (individu) mengenai hal-hal yang benar, baik atau yang diinginkan.

Ø Secara umum nilai mempengaruhi sikap dan perilaku.

 

PENGERTIAN NILAI MENURUT AHLI

• HENDRO PUSPITO : ‘BENTUK PENGHARGAAN YANG DITERIMA MASYARAKAT ATAS TATANAN HIDUP YANG LEBIH BAIK’

SOERJONO SOEKANTO : ‘SUATU KONSEP YANG ASTRAK YANG TERDAPAT PADA MANUSIA’

 

B.     JENIS-JENIS NILAI

• Nilai keindahan adalah nilai seni rupa yang memandang segi estetika & melibatkan kepuasan bathin atau sifat dari sesuatu yang memberikan rasa senang (cantik bagus, elok, ayu dll)

• Nilai kebenaran adalah nilai benar atau salah mis; dalam konteks matematika/pasti (konjungsi, implikasi) melalui pembuktian tertentu, logika, empiris, filsafat pendekatan akal (ro’yu), hukum tuhan (wahyu)

• Nilai sosial adalah merupakan suatu konsep abstrak pada diri/Jiwa manusia mengenai apa yang dianggap baik atau buruk apakah benar ataukah salah (dapat berbentuk rasa persaudaraan, kerjasama, perilaku baik di masyarakat sebagai mahluk social.

• Nilai moral adalah nilai keabsolutan dalam kehidupan berasyarakat secara utuh yang diukur dari kebudayaan masyarakat setempat, perbuatan tingkah laku ucapan seseorang dalam berinteraksi dengan sesama, alam, & tuhannya (ajaran baik & buruk).

• Nilai agama adalah peraturan hidup yang harus diterima atas perintah, larangan & ajaran yg bersumber dari tuhan dengan pendekata keyakinan (arkanud dziniyah tsalasun ; iman, islam & ihsan) dengan kata lain sikap atau perilaku yang didasarkan pada aturan etika, kaidah, norma yang dianut (ahlak).

 

C.   CIRI-CIRI KHUSUS NILAI

*   Nilai dominan, nilai yang dianut oleh seseorang

*   Nilai internalisasi, nilai-nilai yang diserap oleh sesorang

*   Bentukan masyarakat sebagai hasil interaksi antar warga

*   Bukan bawan sejak lahir

*   Usaha pemenuhan kebutuhan & kepuasan social

*   Bervariasi antar kebudayaan (relative)

*   Dapat mempengaruhi perkembangan diri, fikir, jiwa

*   Memiliki hubungan causal effectual

*   Karakter ciri khusus diri..(muktasibin & mutajaridin)

 

D.    FUNGSI NILAI

1. Bahan perlindungan sosial yang meminimalisir terjandinya bentuk penyimpangan sosial yang memberikan rasa aman & nyaman atas seseorang.

2. Untuk mewujudkan harkat & martabat kepribadian melalui nilai/norma yang dapat memberikan wawasan masa depan baik sanksi, reward, maupun konsekwensi sehingga mampu mempertimbangkan atas sagala sesuatu sebelum bertindak.

3. Alat penentu akhir suatu kelompok atau organisasi

4. Alat dalam membedakan derajat status social setiap individu

5. Daya pikat & daya tarik sesama manusia (responsif)

 

 

E.     PROSES TERBENTUKNYA NILAI

*   Dari tuhan sebagai maha pencipta (mulki, malakut, Jabarut, lahut) tuntunan firman tuhan/ kitab suci

*   Dari diri sendiri (jasmani, ruhani, sulthoni & qudsi) Qolb

*   Dari masyarakat melalui interaksi sosial (zoon Politicon) sehingga menimbulkan status sosial

*   Pengaruh kehidupan keluarga dalam pembinaan moral, keluarga merupakan bagian dari masyarakat yang dipengaruhi tuntutan kemajuan (pertumbuhan, perkembangan) pendekatan informal, nonformal, formal.

*   Nilai sosial terbentuk dari sebuah norma yang mengatur kehidupan dan penghidupan dari awal- akhir (input-proses-autput= autcome & benefit).

 

F.     PRODUK PENGARUH NILAI

*   Kualitas produk akan menjadi semakin baik jika pemprodak lebih memperhatikan tentang desain yang lebih inovatif dibanding dengan desain-desain lain.

*   Untuk meningkatkan kepercayaan & kepuasan yang dimiliki terhadap pelanggan/konsumen pemanfaat produk tersebut sehingga mampu meningkatkan nilai jual dan kuantitas produksi.

*   Nilai pendekatan BSC adalah metode pengukuran hasil kerja yang digunakan perusahaan (strategi manajemen).

*   Merupakan strategi manajemen untuk meningkatkan, mengidentifikasi, dan mengukur beberapa fungsi internal & bagaimana hasil ekternal.

 

Taken from Ujang Hidayatullah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KSP

Kurikulum Satuan Pendidikan  Mengawali tahun pelajaran 2024-2025 pada hari Senin, 15 Juli 2024 semua madrasah melaksanakan Matsama (Masa ta&...