Selasa, 13 April 2021

Memoarku

#AISEI April Challenge

#13 April 2021 

KARTINI

ehasanah675@gmail.com

 

Semangat yang diwariskan seorang perempuan bernama RA Kartini adalah salah satu contoh dari keteguhan menggapai impian. Setiap perempuan pasti memiliki impian masing-masing. Tidak berbeda juga dengan aku, mempunyai keteguhan yang sama,dalam mengeluti bidang yang aku pilih dan terus berjuang mewujudkannya. Semangat, inspirasi, dan spirit RA Kartini untuk mengenyam Pendidikan juga berkecamuk di dadaku. Sebagai ungkapan hal-hal yang dialami aku curahkan dalam cerita di bawah ini.

 

AKU DAN BANGKU SEKOLAH

E. Hasanah

P

erkenalkan, namaku E. Hasanah. Orang memanggilku ibu Hasanah. Dan di sana berdiri sebuah benda yang menantang dalam bisu dan diam. Penampilan benda itu sederhana bahkan nampak tak ada yang istimewa. Ketika seseorang mencoba mendudukinya, benda berkaki empat itu tak bereaksi. Namun tantangan yang ditawarkannya membuat siapapun yang bisa menaklukkan seakan mendapatkan kunci kesuksesan hidupnya.

Ya, benda berkaki empat itu bernama bangku sekolah, bangku madrasah, atau bangku kuliah. Sebuah benda yang bisa mengantarkan seseorang meraih cita-cita untuk masa depannya.

Sejak usia dini, aku sudah berkhayal bisa menduduki bangku itu setinggi yang aku bisa. Sama seperti sosok idolaku, seorang guru yang namanya bertambah dengan gelar tanda kesuksesan menaklukkan bangku sekolahnya.

Menginjak usia 6 tahun, menduduki bangku sekolah dasar telah menjadi keinginanku. Tidak ada Taman Kanak-kanak atau PAUD waktu itu. Walaupun awalnya tanpa sepengetahuan dan ijin orang tua, aku ikut-ikutan masuk sekolah. Karena dianggap belum layak dan belum cukup umur untuk menduduki bangku sekolah dasar. Selain jarak dari rumah ke SD terdekat sekitar 4 Km dan harus berjalan kaki. Ayahku menitipkan aku hanya untuk bisa duduk di bangku madrasah diniyah yang waktu pembelajarannya siang hari setelah zuhur sampai waktu ashar tiba. Ini juga karena letak madrasah itu dekat dengan rumah kami.

Aku ingat betul lulus sekolah dasar pada juli 1980. Mulai tahun 1974 Aku habiskan belajar di sekolah dasar negeri di Bojonggenteng (SDN Bojonggenteng) kurang lebih 6 tahun. Kenapa aku katakan kurang lebih? Karena di saat kelas 5, waktu kenaikan kelas diperpanjang 6 bulan, jadi satu tahun pelajaran durasinya satu setengah tahun. Dari menggunakan catur wulan yang terdiri 3 catur wulan dalam satu tahun pelajaran menjadi sistem semester.

Awal menduduki bangku SD itu, aku ikut-ikutan teman sepermainan yang usianya lebih tua. Pagi-pagi berangkat ke sekolah tanpa baju seragam. Satu dua hari aku ikut duduk di bangku kelas satu. Tiba pada hari ke-tiga seorang guru, mengabsen dan memanggil aku. Masih terngiang bu guru bilang, kalau ingin sekolah lagi besok harus diantar ibu atau bapakmu ya, katanya. Ketika pulang ke rumah, aku sampaikan pada ibuku bahwa besok boleh ikut sekolah lagi dengan syarat diantar dulu oleh ibu.  Ibuku hanya terdiam. Malamnya setelah belajar alif batasa, aku bilang lagi kepada ayahku bahwa besok ingin sekolah dan minta diantarkan. Ayahku berujar, kamu belum waktunya masuk sekolah, umurnya masih kurang, ikut jadi anak bawang saja katanya.

Pagi-pagi aku berangkat lagi ke sekolah, kali ini bapak guru yang memanggil. Mana bapakmu nak, katanya. Aku ketakutan, aku manangis dan akhirnya aku pulang ke rumah nenekku yang jaraknya tidak jauh dari sekolah. Dengan lembutnya nenek membelai rambutku. Sambil memberikan segelas air minum, Emak (panggilan aku kepada nenek) menenangkanku. Besok mandi yang bersih dan pakai baju yang paling bagus ya, bisiknya. Emak akan daftarkan kamu ke bapak guru. Sekarang sesudah makan nanti pulang ya, hawatir ibumu mencari-cari kamu, tambahnya.

Seperti pagi kemarin, aku sudah menunggu teman yang akan berangkat sekolah. Aku ikut bergabung dengan mereka, berjalan kaki tanpa alas kaki sekitar 4 km ke sekolah.  Ketika tiba di sekolah, nenek sudah menunggu aku. Benar saja nenekku menepati janjinya dan mendaftarkan aku untuk bisa duduk di bangku kelas satu. Waktu itu pembelajaran sudah berjalan di tengah-tengah tahun. Aku bangga diberi tempat duduk di bangku paling depan. Ibu guru rasanya begitu baik kepadaku sekarang, pikirku. Entah apa yang dikatakan Emak kepadanya.

Hari-hari di masa kanak-kanakku dilewati dengan penuh kegembiraan. Tanpa beban dan bebas bermain dengan teman-teman di lingkungan rumahku. Dari bangun pagi Aku bergiat, bersiap-siap pergi sekolah sekitar pukul 6.00 WIB, dan belajar di bangku sekolah SD sampai waktu zuhur tiba. Pulang dari SD makan langsung belajar lagi di bangku madrasah diniyah sampai waktu ashar. Main sebentar dengan teman, kemudian selesai salat magrib harus mengaji bersama di rumah seorang guru ngaji. Begitu terus kegiatanku setiap hari. Sering aku sakit-sakitan. Ayahku bilang aku kecapean. Tapi tak ada keluh yang keluar dari mulutku karena aku takut ayahku memberhentikan sekolahku. Pernah suatu hari aku sakit agak parah di kelas, ibu guruku memapah dan menyuruh aku istirahat di kamar rumahnya. Kebetulan rumahnya berlokasi di belakang gedung sekolah. Sore hari Emakku menjemput dan menggendongku pulang. Masih terngiang Emakku bilang, jangan sekolah kalau merasa sakit karena akan merepotkan semua termasuk ibu guru, ujarnya. Emak sangat menyayangiku, karena beliau hanya memiliki satu anak perempuan yakni ibuku. Sedangkan ibuku melahirkan sampai 15 anak, tapi sayangnya hanya 4 orang yang berumur panjang. Aku anak ke-11 dari urutan lahirnya, dan menjadi anak ke-3 dari 4 bersaudara dari anak orangtuaku yang hidup. Aku merupakan anak perempuan satu-satunya dan juga cucu perempuan dari nenekku. Otomatis keluargaku sangat memanjakan dan menyayangiku. Suka duka menghabiskan masa kecil di bangku sekolah dasar sangat berkesan bagiku.

J

uli 1980, setelah menyelesaikan sekolah dasar dan dinyatakan lulus melewati bangku sekolah dasar, aku mendaftarkan diri ke sebuah madrasah Tsanawiyah yang berjarak sekitar 500 meter dari rumah. Berangkat dengan teman sepermainan tanpa diantar orangtua. Seorang guru yang menerima pendaftaran siswa baru berujar,

“menitipkan ayam saja kita harus permisi dan minta ijin. Ini menitipkan anak kok orang tuanya tidak mau datang”.

Hatiku sedih mendengar kalimat yang diucapkan guru itu. Aku mengadu ke Ayahku dan menirukan ucapan guru itu. Ayah hanya menimpali, “Iya, nanti Bapak titipkan kepada guru itu kalau ketemu di mesjid.” Ayahku seorang yang taat beribadah dan tiap hari tanpa absen pergi ke masjid terutama waktu ashar, magrib, isya, dan subuh. Kecuali salat zuhur ayahku jarang berjamaah di masjid karena biasanya salat di tempat dekat sawah atau kebun. Pekerjaan ayah sehari-hari sebagai petani dan menggarap sendiri tanahnya. Beliau berpendidikan hanya sampai kelas 2 SR (Sekolah Rakyat). Wajar dengan sikap dan pandangan terhadap bangku sekolah anaknya seperti itu. Tapi untuk bayar biaya bangku sekolah, pasti ayah tidak akan kompromi, berapapun pasti sangat dipentingkan walaupun sampai harus menjual beras untuk makanku. Hanya mengandalkan hasil tanaman yang dikerjakan dengan tenaganya sendiri. Beliau berpendapat membayar pendidikan anak adalah shodakoh dan infaq yang menjadi investasi akhiratnya. Namun kadang tenaganya tidak mencukupi untuk membiayai keempat anaknya. Aku banyak dibantu oleh Emakku. Bangku madrasah Tsanawiyah ku lewati juga dengan mudah.

Keinginan untuk menduduki bangku sekolah menggodaku. Selepas bangku madrasah Tsanawiyah, aku merayu ayahku agar diberi ijin untuk melanjutkan ke SLTA. Ayahku hanya terdiam dan membiarkan aku mendaftarkan diri ke sebuah SMA Negeri yang letaknya jauh dari rumahku. Aku harus dua atau tiga kali naik angkutan umum untuk sampai ke sekolah tersebut. Dengan modal keinginan dan tekad kuat, tercapai juga aku bisa mendaftarkan diri menduduki bangku sekolah. Masalah muncul, ongkos kendaraan umum harus ada tiap hari. Sedangkan ayahku tidak punya penghasilan, selain hasil berupa buah-buahan yang beliau tanam sendiri. Itupun 3 atau 4 bulan baru bisa ditukar uang. Allah maha kuasa, selalu ada jalan bagi yang mau berusaha. Selain aku diterima di sebuah SMA Negeri yang bayarannya relatif lebih murah dibanding beberapa sekolah sederajat lainnya. Aku juga dititipkan kepada teman ayahku di sebuah pondok pesantren yang lokasinya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Untuk bekal sehari-hari aku dibantu juga oleh Emakku. Suka duka menduduki bangku sekolah di SMA Negeri ini benar-benar menempa diriku. Kekurangan ekonomi untuk membiayai bangku sekolah ini sangat terasa. Kesabaran untuk menaklukkan bangku sekolah sangat mengharu biru, tapi pantang aku mengeluh dan berkisah sedih kepada ayahku. Karena satu ketakutanku, aku takut disuruh meninggalkan bangku sekolah.

Godaan datang di saat aku duduk di bangku kelas dua. Emakku berkata ada seseorang yang datang dan meminta agar aku mau menjadi istrinya. Sebagai jawabannya, hanya air mata yang mengalir deras dan aku tidak pulang ke rumah Emak.

Dengan kesabaran aku selesaikan juga bangku sekolah SMA ini. Berbagai cerita suka duka terekam dalam memori kenanganku. Sebelum ijazah aku pegang sebagai tanda telah tamat SMA, beberapa teman ramai membicarakan SIPENMARU, yakni Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Bagiku sendiri hanya bisa menelan ludah, jangan kan untuk bisa duduk di bangku kuliah, bisa menyelesaikan bangku SMA saja sudah Alhamdulillah.

Where there’s a will there’s a way

Proverbs atau pribahasa “Where there’s a will there’s a way” (Di mana ada kemauan di sana ada jalan) rasanya sangat mengena dengan keadaanku saat itu. Aku bertemu dengan kepala madrasah MTs tempat asal aku bersekolah. Beliau menanyaiku apakah yang akan aku lakukan setelah tamat SMA. Aku hanya tertunduk tanpa menjawab. Rupanya beliau cukup memahami keadaanku. Ketika ayahku pulang dari masjid setelah salat isya, ayahku memanggil. Kata ayah, “Kamu bicara dengan Pak Haji Syarif ya? Kamu bicara apa? Bilang ingin melanjutkan sekolah?” dan pertanyaan-pertanyaan lain. Seperti biasa jawabanku hanya isakan tangis. Aku tidak berani menatap ayahku. Beliau melanjutkan, “Bapak mengerti kamu mau kuliah tapi apa daya, mengertilah kamu.” Beberapa hari kemudian, pak Syarif datang berkunjung malam hari. Mereka ngobrol ngaler ngidul dari mulai membicarakan bebek sampai sawah yang akan segera ditanam. Tiba-tiba beliau membicarakanku. Yang aku dengar beliau menyarankan ayahku untuk mau membiayaiku menduduki bangku kuliah. Jelas terdengar di telingaku,

“Kang … tidak akan rugi kalau untuk biaya sekolah. Anakmu pasti jujur sekolahnya.” “Mungkin kalau hanya biaya masuk bisa diusahakan, tapi untuk biaya hariannya dari mana.” Jawab ayahku.

“Percayalah pasti nanti ada jalannya, asal ada usaha.” timpal pak Syarif.

Hari perpisahan kelas 3 SMA tiba, teman-teman ceria karena mereka sudah memiliki pegangan melanjutkan ke perguruan tinggi pilihannya masing-masing. Sementara aku sangat bersedih dalam kegembiraan mereka. Hanya doa yang aku panjatkan kepada sang Khalik, Ya Allah berikan aku kesempatan agar bisa duduk di bangku kuliah seperti mereka dengan segala keajaiban dan Rahman Rahim-MU. Aku yakin tidak ada yang mustahil dan itu sangat mudah bagi-MU, bisikku.

Malam setelah pulang mengaji, aku beranikan diri minta ijin ke ayahku untuk ikut ke Jakarta bersama adik Emakku. Aku berniat bisa bekerja apa saja di Jakarta. Ayahku hanya terdiam. Emakku juga terlihat hawatir ketika aku utarakan niatku. Nasihatnya, “Sekarang kamu bilang saja sama bapakmu agar bisa daftar kuliah, nanti untuk bekalnya Emak akan bantu”. Merasa mendapat angin segar, aku temui lagi ayahku. Aku katakan seperti saran Emak. Akhirnya ayahku menjual sepetak tanah sawahnya agar aku bisa masuk dan duduk di bangku kuliah. Sedih dan bahagia bercampur.

B

angku kuliah sebuah perguruan tinggi swasta di Bogor akhirnya bisa ku duduki. Aku mengambil program studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Aku tetap ingin mewujudkan mimpi untuk menjadi guru.

Akhirnya takdir muallaq tercapai juga aku duduk di bangku kuliah. Aku jalani dan ikuti sebaik mungkin pembelajarannya. Untuk kebutuhan sehari-hari, Emakku banyak membantu. Namun takdir mubram sebagai ketentuan Allah yang mutlak dan tidak bisa diubah juga menghampiriku. Jodohku datang disaat bangku kuliah itu berada di tingkat 2. Calon suamiku adalah teman kuliah satu fakultas beda prodi. Awal perkenalan di kampus saat ada suatu kegiatan mahasiswa yang melibatkan tiga prodi dalam satu fakultas. Perkenalan biasa sebagai sesama mahasiswa, Dia sebagai panitia dan aku hanya peserta utusan dari prodiku. Hanya ada kemiripan dari berbagai hal, mulai dari namanya yang hampir sama, Hasan – Hasanah, sampai tanggal lahir yang hanya pautan satu minggu. Dan yang paling membuatku mati langkah adalah kakeknya dengan kakekku adalah bersahabat. Sehingga ketika dia main ke rumah sebagai teman biasa (bukan pacar ya), eh kakek-kakek tuh malah menjodohkan kami.

Aku katakan mati langkah karena kami tidak bisa menolak “keinginan” kakek kami. Mereka menjodohkan kami padahal bangku kuliah masih jauh harus diselesaikan. Akhirnya kami nikah gantung (Menikah secara resmi di KUA tapi kami tidak bersatu dan masih tetap berstatus mahasiswa dan menjalani kehidupan seperti layaknya mahasiswa lain. Kami pacaran setelah ada ikatan pernikahan).

Tahun 1992, dengan susah payah dan suka duka romantika kehidupan yang kami lewati bersama, akhirnya bangku kuliah ini kami akhiri dengan ditandai acara wisuda. Sangat terasa perjuangan untuk menaklukkan bangku kuliah ini begitu berat karena aku harus berperan dalam keluarga, kuliah, dan bekerja. Namun pahitnya menaklukkan bangku kuliah ini Allah memberikan ganjaran dengan memudahkan aku mengikuti tes padahal ijazah belum ditangan, hanya berbekal surat keterangan lulus. Setelah menyelesaikan berbagai persyaratan, aku diangkat sebagai CPNS. Sujud syukur aku atas pencapaian ini.

S

ukabumi… Sukabumi… Sukabumi … Suara kondektur membuyarkan lamunanku. Entah berapa lama aku termangu dan asyik menikmati alur cerita dari kisah hidupku. Begitu cepat waktu berlalu padahal masih banyak yang belum aku tuntaskan tapi usia bertambah lebih cepat.

Sekarang aku sedang duduk di kursi paling depan di belakang sopir. Sambil menikmati perjalanan, aku perhatikan kondektur yang masih menawarkan jasa untuk naik ke bisnya. Kursi bis masih belum terisi penuh ketika keluar dari terminal Leuwi Panjang Bandung ini. Sesekali ada orang yang naik atau turun dari bis yang aku tumpangi. Mereka memberhentikan bis di tengah perjalanan.
Tiba-tiba seorang ibu yang memakai bluse polos dan rok panjang berwarna coklat tua naik. Kerudungnya motif bunga., serasi dengan bajunya. Dari cara berpakaian, nampaknya dia seorang guru atau pegawai pemerintah yang gaya berpakaiannya rapih. Maaf bu kursinya sudah ada yang menempati, tanyanya. Refleks dudukku bergeser. Silahkan bu masih kosong, jawabku singkat. 
Tanpa disadari percakapanpun mengalir. Dari mulai bertanya turun di mana dan tinggal di mana sampai obrolan ngaler ngidul. Waktu 3 jam lebih perjalanan Bandung – Sukabumi tidak terasa lama. Yang paling menarik dari tema yang kami obrolkan tentu masalah pendidikan karena beliau juga seorang guru. Ternyata beliau adalah asli orang Bandung yang diberi tugas mengajar di sebuah SMA di daerah Sukabumi. Sekarang beliau tinggal dan mengontrak rumah di sekitar sekolah tempat mengajarnya. Pertanyaan dan jawaban mengalir begitu saja dan terus susul menyusul sampai kami saling bercerita tentang bangku sekolah yang kami lewati.

Saya habis *pulang* menengok orang tua, dan minta doanya agar bisa masuk kuliah lagi, ujarnya. Ibu sendiri mau ke mana, tanyanya.

“Tadi saya dari kampus bu, ada ujian komprehensif. Saya berangkat ke Bandung-nya kemarin. Menemui dosen minta tanda tangan untuk proposal disertasi. Alhamdulillah semester ini tinggal melakukan penelitiannya.” Kataku menjelaskan.

Bis segera tiba di terminal Sukabumi, kami saling berpamitan. Si ibu turun di Sukaraja sementara aku ditunggu suami di pintu gerbang terminal. Sambil menarik napas panjang, Alhamdulillah tiba juga diterminal Sukabumi. Tapi perjuanganku menaklukkan bangku sekolah belum usai.

Satu langkah lagi tantangan yang aku taklukkan bernama bangku sekolah ini, yakni bangku kuliah di ruang Pascasarjana S3 Ilmu Pendidikan salah satu Universitas terkenal di Bandung ini. Aku yakin bisa, bisa, dan bisa, walaupun usia sudah menua.

 

Minggu, 11 April 2021

Kartini dalam Puisi

KARTINI
Oleh: E. Hasanah

Untuk kami kau berkisah
Tentang ambisi berbalut besi
Seorang putri berjiwa pendobrak
Patahkan pintu jeruji bernama tradisi
Demi kebebasan perempuan negeri

Di dadamu tertanam jiwa bergejolak
Bangkitkan naluri  perempuann binangkit
Mampu membaca dalam lembutnya seorang ibu
Pintar berwawasan setara kaum bertahta

Kau paham cara ekspresikan gagasan
Dalam ujung pena yang berwarna cita-cita
Rangkaian kata penuh makna cinta
Tuangkan ingin dalam bentuk emansipasi.

Pada surat-surat yang kau kirimkan
Lontarkan harap dalam coretan nyata
Perempuan merdeka bergerak sejajar pria
Jelajahi samudera persamaan hak berkarya

Coretan kata dalam surat menjadi sejarah
Bergelora  seakan tak pernah padam
Suarakan hak kaum perempuan lemah
Sampai habis gelap terbitlah terang.

APRIL BERTEMU
Oleh: E. Hasanah

Bersua di batas waktu
Temui kembali jiwa juangmu
Hirup semangat keharuman namamu
Walau jasadmu terkubur entah berapa windu

Hadirkan seorang ibu berwajah anggun
Tampilkan seluruh pesona sukma
Bergaun kebaya  berhiaskan konde
Putri sejati cantik walau tanpa gincu

Kartini putri indonesia sejati
Bersua dalam cakrawala wanita
Menjelma dalam cinta yang membara
Demi terwujudnya persamaan kaum berkebaya

Andai tak kau ketuk pintu emansipasi
Tak terbayang kegelapan terpatri
Mengikat kaki dan tangan kaum terkebiri
Terkungkung dalam kuatnya tradisi.

Goresan dalam surat yang kau kirimkan
Menggugah hati kaum para bangsawan
Membuka lebar-lebar mata dunia
Bebaskan berkarya kaum wanita 

Kini kami berkata bangga
Wanita Indonesia setara dunia
Berkiprah meraih apapun bisa
Kami bersyukur Kartini ada.

KITA KUMPUL KELUARGA

#April Chalkenge
#Hari ke-11
#Huruf K

Kita kumpul keluarga
ehasanah675@gmail.com

Sehari lagi menuju bulan Ramadhan, tak seru rasanya tanpa kumpul dulu bersama keluarga. Kegembiraan menyambut bulan shaum biasanya selain saling mengunjungi keluarga juga mengunjungi keluarga yang telah meninggalkan kita terlebih dahulu. Pemakaman akan ramai oleh pengunjung. Sanak keluarga mendoakan dan membersihkan kuburan orang-orang yang dicintainya.
Membersihkan hati dengan saling memaafkan sebelum Ramadhan tiba juga menjadi kebiasaan kami. Menyucikan diri baik secara lahir maupun bathin. Secara lahir kita membersihkan diri kita masing-masing, mandi dan keramas, membersihkan pakaian, tempat, dan lainnya yang bersipat lahir. Sedangkan bathin juga dibersihkan dengan saling memaafkan diantara anggota keluarga, sahabat, dan orang-orang yang berhubungan dengan kita.
Dengan penuh sukacita juga kami biasanya berkumpul keluarga di salah satu rumah atau tempat pertemuan yang disepakati. Kadang dilakukan juga di tempat wisata, sekalian refreshing. Namun tahun ini karena pandemi masih belum pergi, kami berkumpul di rumah anggota keluarga saja.
"Ngeliwet yuk"  Itu adalah kalimat yang dilontarkan untuk mengajak saudara atau teman. Ngeliwet adalah menanak nasi dengan laukpauknya. Biasanya dikerjakan bersama-sama sambil berkumpul keluarga ngobrol ngaler ngidul. Ciri khas nya nasi liwet dengan ikan asin, lalaban, dan sambal dadakan. Sering juga ditambahkan lauk pauk yang siap saji lainnya yang dibawa dari rumah masing-masing.
Menjelang bulan Ramadhan sekarang juga, tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Nah hari ini Kita kumpul keluarganya giliran dengan sahabat-sahabat keluarga alumni Yamsoer 83. Sahabatku alumni MTs Al-Manshuriyah angkatan 1983, teman-teman sekelasku. Tempatnya di *Saung*ku. Alhamdulillah bisa berkumpul dan yang pasti bisa bersilaturahim. Banyak cerita yang bisa bikin tertawa, banyak canda gembira, dan bersuka cita karena masih diberikan kesehatan siap menyambut Ramadhan tahun ini.

Sabtu, 10 April 2021

Dasar Penulisan

Tanggal pertemuan: Jum’at, 09 April 2021

Resume ke: 3

Tema: Dasar Penulisan

Narasumber: Rita Wati, S.Kom.

Gelombang: 18

 DASAR PENULISAN

ehasanah675@gmail.com



Pada pelatihan belajar menulis gelombang ke-18 pertemuan ke-3 edisi tanggal 09 April 2021 menyajikan tema Dasar Menulis. Materi disampaikan oleh narasumber ibu Rita Wati, S.Kom. Selain seorang penulis, beliau juga berprofesi sebagai guru, blogger, dan kurator. Penulis 4 buah buku tentang kepenulisan dengan genre berbeda. Juga 3 buku antologi yang beliau susun sebagai curator yang memperkaya pengalamannya dalam kepenulisan.

Sebelum materi diberikan narasumber memancing peserta dengan pertanyaan apakah menulis itu susah atau tidak. Jika merasa susah, cari penyebab permasalahannya. Penyebabnya bisa karena susah ide, miskin kosa kata, sulit merangkai kata, susah memulai, bingung mau menulis apa, tidak percaya diri, merasa tulisannya jelek, atau merasa tulisan tidak layak untuk di baca.

Jika penyebab permasalahan menulis yang disebutkan itu benar, maka saran beliau adalah buang saja jauh-jauh. Kita harus menulis, menulis, dan menulis. Untuk memudahkan mengingatnya, ada 5 dasar dalam penulisan. Dasar penulisan yang 5 itu adalah What, Where, When, Who, Why, How (atau dikenal dengan rumus 5 W + 1 H). Dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan singkatan ADIKSIMBA “Apa – Dimana – Kapan – Siapa - Mengapa - Bagaimana.

Penjelasannya dari 5 W + 1 H atau ADIKSIMBA ini adalah:

1.      What: Peristiwa apa yang sedang terjadi? Apa dampaknya? apakah peristiwa tersebut menimbulkan kerugian?

2.      Where: Dimana kejadian/ peristiwa yang diceritakan.

3.      When: Kapan kejadian dari peristiwa yang diceritakan

4.      Who: Siapa yang memfasilitasi untuk memberikan informasi seputar orang-orang yang terlibat dalam cerita yang ditulis.

5.      Why: Mengapa yakni sebab musabab suatu peristiwa terjadi.

6.      How: Bagaimana, penggunaan unsur how ini akan membantu pembaca memahami alur cerita.

Jika telah terpenuhi ke 6 unsur tersebut maka tulisan kita akan mudah dipahami oleh pembaca. Jadi dasar penulisan tersebut harus kita perhatikan, Ayo kita mulai dengan 5W + 1 H dalam menulis. Juga perlu diperhatikan pula tentang kesalahan yang sering dilakukan oleh penulis pemula.

Penulis pemula kurang memperhatikan kesalahan-kesalahan yang terjadi. Kesalahan yang sering dilakukan penulis pemula dalam menulis adalah:

1.      Menulis dengan kalimat dan paragraf yang Panjang.

2.      Tanda baca yang sering keliru.

3.      Penggunaan kata yang masih banyak salah tidak menggunakan kata baku.

4.      Sering ditemukan kata yang tidak efektif.

 

 Yuk kita berkunjung ke link addressnya narasumber agar terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam menulis tersebut. Ini alamatnya ya:

 

http://bit.ly/Tips-Agar-Tulisan-Enak

Nah sekarang apa saja hal-hal yang harus diperhatikan bagi penulis pemula ini. Ini tips nya:

1.      Penggunaan huruf kapital/ besar :

a.       Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama awal kalimat.

Contoh:

Aku belajar menulis dengan baik.

Hari ini pertemuan ke-3 kelas belajar menulis gelombang 18.

b.      Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan.

Contoh:  

Rita Wati, S.Kom.

Wijaya Kusumah, M.Pd.

c.       Huruf kapital dipakai pada awal kalimat dalam petikan langsung.

Contoh:

“Ayo kita pulang Bu!” Rengek Joni pada ibunya.

d.      Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap kata nama agama, kitab suci, dan Tuhan, termasuk sebutan dan kata ganti untuk Tuhan.

Contoh:

Islam, Alquran, Kristen, Alkitab, Hindu, Weda.

Allah selalu bersama hamba-Nya.

e.       Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap kata (termasuk unsur kata ulang sempurna) di dalam judul buku, karangan, artikel, dan makalah serta nama majalah dan surat kabar, kecuali kata tugas, seperti di, ke, dari, dan, yang, dan untuk, yang tidak terletak pada posisi awal.

Contoh:

Saya telah membaca buku Merajut Asa Sejak Belia.

Tulisan itu dimuat dalam koran Radar Bali.

f.        Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur singkatan nama gelar, pangkat, atau sapaan.

Contoh:

S.H.          = Sarjana Hukum

S.Kom.     = Sarjana Komputer

Dt.            = Datuk

Tb.            = Tubagus

 

Kesalahan yang sering terjadi pada penggunaan kata depan di. Penggunaan kata di sering terjadi kekeliruan antara kata di- menunjukkan fungsi sebagai imbuhan dan kata di- diikuti dengan pembentuk kata kerja pasif. Artinya, penulisan di jenis ini dinulai tepat jika kata kerja pasif bisa diubah menjadi kata kerja aktif (dengan imbuhan me-).

Contoh: ditinggalkan (bisa diubah jadi meninggalkan), ditulis (bisa diubah jadi menulis), diingat (bisa diubah jadi mengingat). Sementara itu penulisan di dipisah jika kata di menunjukkan fungsi sebagai kata depan. Berarti ia harus dipisah dari kata belakang. Kata di diikuti dengan kata lain selain kata-kata pembentuk kata kerja pasif. Kata di jenis ini bisa diikuti dengan nama tempat, waktu, nama orang, penunjuk lokasi, dan lain sebagainya, serta tidak bisa diubah menjadi kata kerja aktif. Contoh: di sini (tidak bisa diubah jadi menyini), di siang hari (tidak bisa diubah jadi menyiang hari), di dirimu (tidak bisa diubah jadi mendirimu).

Kesimpulan di sebagai imbuhan + kata kerja (maka penulisannya serangkai) selain itu terpisah.

 

Penggunaan Tanda Seru

Tanda seru dipakai untuk mengakhiri ungkapan atau pernyataan yang berupa seruan atau perintah yang menggambarkan kesungguhan, ketidakpercayaan, atau emosi yang kuat.

Contoh: Alangkah indahnya pemandangan di Nusa Dua! Ayo belajar!

 

Penulisan Kata Baku

Untuk penulisan kata baku disesuaikan juga. Jika artikel, makalah, skripsi dan sebangainya maka kata baku itu menjadi hal mutlak. Sedangkan untuk novel dan cerpen kita sesuaikan dengan yang namanya istilah selingkung.

Apakah menulis harus runtut sesuai unsur-unsur tadi (ADIKSIMBA)? Unsur apa yang harus didahulukan agar lebih menarik? Dalam 1 paragraf apakah ada batasan jumlah kalimatnya? Idealnya berapa? 

Jawabannya kita perhatikan akan menulis apa. Jika ingin menyampaikan informasi seperti berita maka 5W 1H ADIKSIMBA ini udah urutan yang sesuai. Dalam 1 paragraf tidak batasan ideal itu 5 sampai 10 kalimat bu ya. Minimal 1 kalimat jika kalimat berupa percakapan.

Bagaimana cara untuk memulai menulis dengan keyakian bahwa tulisan akan layak dan pantas untuk dibaca orang?

Permasalahan ini adalah permasalahan umum untuk penulis pemula. Setiap penulis pemula biasa mengalaminya. Untuk mengatasinya salah satu cara adalah memulai berada di komunitas menulis. Tulislah apa yang ada di benak dituangkan semuanya kemudian posting di blog lalu share ke group.

Bagaimana cara membuat tiap tulisan runtut, beraturan, dan berkesinambungan?

Caranya harus banyak berlatih, seiring berjalan waktu tulisan itu akan mengalir, beraturan. Yang pasti rajin membaca agar bisa menemukan bagaimana cara menulis yang baik, karena dari membaca tulisan orang lain akan mendapatkan ilmu baru.

Kapan membuat tanda koma, titik, bahkan kutip dalam kalimat langsung dan tidak langsung? Apa yang dimaksud selingkung?

Tanda baca yang benar seperti dalam kalimat ini.

Adik berkata, "Dia akan pergi ke perpustakaan".

Saya bertanya pada diri sendiri, "Mengapa peristiwa itu menimpali."

Titik dulu baru tanda petik bu

Selingkung itu seperti menyesuaikan dengan lingkungan yang menggunakan kaidah-kaidah yang digunakan dalam lingkup setempat, tidak mengikuti kaidah bahasa baku terutama untuk penulisan cerpen dan novel.

Apakah dalam sebuah tulisan wajib harus ada 5W1H? Bagaimana jika salah satu unsur itu tidak ada dalam sebuah tulisan?

5W1H itu sudah pedoman dalam membuat tulisan agar informasi yang kita sampaikan jelas, sehingga ketika kita membaca tulisan tersebut tidak ada pertanyaan yang muncul. Jika salah satu unsur contoh when/ kapan tidak dimasukkan maka pembaca akan bertanya-tanya ini kejadiannya kapan, jika who yang tidak ada, makin bertanya lagi siapa yang dibicarakan.

Bagaimana cara menghindari kesalahan sebagai penulis pemula yakni sering membuat kalimat yang berulang-ulang dan kosa kata yang sama juga sulit mengembangkan kalimat?

Untuk menghindari kesalahan kalimat tidak efektif yang ada di dalam tulisan kita caranya harus membaca berulang-ulang tulisan itu. Jika perlu dengan suara keras nanti ketemu itu kalimat yang mubazir. Kata-kata mubazir, atau tidak efektif yang selalu berulang-ulang.

Apakah ada tips untuk menumbuhkan minat dalam menulis sampai bisa menyusun banyak buku dalam waktu singkat? Apakah editor akan memperbaiki naskah itu?

Tips-nya adalah ketika belajar menulis catat semua tips dan trik dari narasumber. Contoh Omjay brandingnya Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. Itu  dipraktikkan, dan hasilnya memang diluar dugaan. Sebagai penulis pemula wajar banyak sekali kesalahan dasar menulis. Tapi seiring berjalan waktu jika kita mau belajar semua akan berubah. Jika kita mengirim naskah ke penerbit, memang ada editornya, tapi jika bisa jangan 100% menyerahkan kepada editor karena editor terbaik dari tulisan adalah penulis itu sendiri.

Bagaiman trik yang kita gunakan dalam.menulis setiap.alur cerita membuat pembaca tertarik dan masuk  dalam cerita kita dan menikmati cerita yang dituliskan? Adakah hal hal yang tidak boleh muncul dalam tulisan, bila ide tulisan itu dari kisah nyata yang kita lihat dan alamai?

Dengan belajar, banyak Latihan, dan membaca karya-karya orang lain maka perlahan-lahan kita akan menemukan triknya bagaimana membuat tulisan menarik. Kalau senangnya jika membuat cerpen endingnya membuat pembaca penasaran. Jika menulis kisah nyata itu sangat menarik pasti, tulisannya bisa berupa Faksi Fakta tapi fiksi, dengan merubah menjadi orang ketiga.

 

 

 

Kamis, 08 April 2021

#Kamis Menulis 08-04-2021

 HIDUP, HIRUP, HIBUK

ehasanah675@gmail.com

 

Setiap orang memiliki pilihan dalam menjalani dan mengisi waktu hidupnya. Ada yang menghabiskan waktunya dengan bekerja dan bekerja sepanjang hari. Atau malah menghabiskan waktunya sehari penuh dengan bermalas-malasan tanpa memanfaatkannya dengan baik. Kita dalam hidup ini diberikan waktu yang sama yakni 24 jam sehari semalam. Tergantung kita menggunakannya. Hidup ini diatur oleh kita yang menjalaninya.

Seringkah anda menerima pertanyaan dari teman, keluarga, atau tetangga seperti, "Lagi sibuk apa nih?" "Bolehkah saya telpon?" Atau "Kapan ada waktu untuk bisa bertemu?" Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang menunjukkan bahwa kita sibuk menggunakan waktu dalam kehidupan sehari-hari.

Termasuk aku sendiri. Aku merasa menjadi orang yang hibuk.  Kehibukanku sebagai seorang ibu rumah tangga, sebagai seorang pegawai, bahkan sebagai pembelajar.

Hibuk ya hibuk adalah kata lain dari sibuk, banyak pekerjaan, atau giat bekerja.

Beberapa teman lama sering mencap aku dengan orang sibuk. Bahkan dianggap tidak punya waktu untuk berkumpul bersama mereka. Bukannya aku dianggap penting malah mereka memaklumi kalau aku tidak bisa sekedar berkumpul menghabiskan kopi bersama sambil ngobrol ngaker ngidul.

Seiring berjalannya waktu, kehibukan yang menyita waktu semakin dikurangi. Di sela-sela kehibukan dalam kehidupan ini, ternyata harus ada waktu untuk bisa dinikmati walaupun hanya dengan menghirup udara segar.

Menghirup udara segar di pagi hari, mengunjungj rumah saudara atan teman, berolahraga, atau hanya melakukan hal-hal yang menyenangkan ternyata dapat meningkatkan kesehatan mental kita. Dimana kesehatan mental ini mencakup pada kesehatan emosional, psikologis, dan sosial. Bahkan kesehatan mental ini akan mempengaruhi cara berpikir dan menghindari kita dari stress.

 

Nikmati hidup ini dengan waktu yang bermanfaat.

Jangan terlalu hibuk dengan pekerjaan

Hiruplah udara segar dan rasakan indahnya dunia.

 

#Kamis Menulis

#Hidup Hibuk Hirup

#Kamis, 08 April 2021


Rabu, 07 April 2021

Ide Menulis Bagi Guru

Tanggal pertemuan: Rabu, 07 April 2021

Resume ke: 2

Tema: Ide Menulis Bagi Guru

Narasumber: Wijaya Kusumah, M.Pd.

Gelombang: 18

 

IDE MENULIS BAGI GURU

ehasanah675@gmail.com

 

Assalamualaikum Ibu Bapak Coach, Narasumber, Moderator, Sahabat Penulis Pemula, dan pembaca semua. Semoga tetap sehat dan semangat menulis.

 

Resume ke-2 pada pertemuan ke-2 dalam belajar menulis gelombang 18 menyajikan tema Ide Menulis Bagi Guru. Materi disampaikan oleh narasumber Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd. dengan moderator Mr Bams.


Membicarakan tentang ide menulis, siapapun kita pasti akan mengatakan bahwa ide itu bisa berasal dari orang yang kita temui, apa yang kita lihat dan rasakan, atau apapun yang terpikirkan. Om Jay berpendapat bahwa sebenarnya ide menulis bertebaran di depan mata. Namun terkadang kita belum siap menuliskannya. Hal itu disebabkan karena kita belum terbiasa menulis. Sumber ide yang paling enak ditulis adalah diri kita sendiri dan orang lain. Tapi bisa juga yang ada di depan mata kita.

 Sebagai contoh mari kita simak tulisan dibawah ini.

1.     1.  Ide menulis dari menceritakan diri sendiri 

Cerita dari kegiatan kita mulai bangun tidur sampai akan tidur kembali. Menuliskan dari cerita yang dianggap tidak penting menjadi penting.

Misalnya; Pada hari ini aku berangkat ke kantor pukul 6.30 Wib. Lebih pagi dari biasanya, karena aku harus membereskan ruangan yang akan dipakai pertemuan pada pukul 8.00 wib. Setibanya di kantor aku langsung mengambil sapu dan membersihkan lantai. Meja-meja juga nampak masih kotor dan berantakan sehingga harus dibersihkan dan dilap. Setelah menata meja dan kursinya, aku letakkan juga pas bunga cantik di meja depan. Meja ini akan digunakan untuk Bapak pimpinan dan pasti akan menjadi perhatian sehingga tampilannya harus bagus. Peralatan lain seperti pengeras suara, in focus lengkap beserta layarnya juga dipasang dan diletakkan di posisi yang sesuai. Setelah persiapan untuk pertemuan itu selesai dikerjakan, aku beristirahat sejenak sambil menunggu waktu pertemuan tiba.

 2.      Ide menulis juga bisa datang dari orang lain. Misalnya dari kepala sekolah, rekan guru, sampai peserta didik. Semua bisa ditulis kalau kita peka dengan keadaan sekitar. Kita bisa menulis teman sekantor atau satu sekolah. Kita bisa menceritakan kebaikan mereka. Mutupi kekurangannya.

Contohnya: Pak Hamdan -rekan sekantorku- hari ini dijadwalkan untuk melakukan suntik vaksin yang ke-1. Beliau tiba di kantor sekitar pukul 9 pagi, karena pelaksanaan suntik vaksin ini dikoordinir oleh pihak kantor dari pukul 8.00 sampai pukul 12.00 siang. Setelah menemui petugas untuk mendaftarkan diri dan mengambil antrian, beliau ikut gabung ngobrol ngaler ngidul bersama kami.

“Pak Tris sudah belum disuntiknya?” tanya pak Hamdan kepada pak Tris.

“Sudah, tadi antrian yang ke tiga. Sekarang disuruh menunggu 30 menit untuk menunggu reaksinya.” Jawab pak Tris sambil meringis dan tetap memegangi tangan bagian atas bekas jarum suntik tadi.

“Sakit gak?” lanjut pak Hamdan

“Ya sakit lah kan ditusuk jarum suntik. Manaan memasukkan obatnya itu banyak lho.” Timpal pak Tris masih dengan wajah meringis.

Tanpa terasa waktu 30 menit berlalu, pak Tris sudah dipanggil kembali oleh petugas pencatat dari Tim dokter yang memberikan vaksin. Tibalah giliran antrian pak Hamdan.

“Pak Hamdan, ada pak Hamdan, dipersilahkan masuk dan menemui petugas di meja satu.” Suara seorang petugas dari speaker memanggil pak Hamdan.

“Sekali lagi kepada pak Hamdan, dimohon segera masuk dan dipersilahkan menemui petugas di meja satu.” Petugas memanggil kembali pak Hamdan. Namun pak Hamdan belum juga masuk ke ruangan pemeriksaan. Kami saling bertatap dengan rekan-rekan dan mencari pak Hamdan yang tidak memperhatikan tadi perginya ke mana setelah ngobrol bersama.

Setelah 3 kali panggilan, dan pak Hamdan tidak ada, petugas melanjutkan memanggil orang lain. Kemudian pemeriksaan dialihkan kepada orang yang dipanggil berikutnya.

Sampai waktu pemeriksaan selesai, pak Hamdan menghilang entah kemana.

 

3.      Ide menulis datang kepada kita juga bisa dari peserta didik. Dari siswa banyak sekali yang bisa ditulis.

Misalnya tentang seorang siswa yang sering kesiangan, siswa yang rajin mengerjakan tugas, sampai karakter siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

 

4.      Ide lainnya bisa dari tetangga dekat.

Misalnya tentang tetangga kita yang baik sekali sikapnya kepada kita. Mau membantu kita ketika kita mendapat masalah atau kesusahan. Atau apapun yang mereka lakukan demi kita.

 

5.      Ide menulis yang berasal dari keluarga.

Contohnya:

Sudah seminggu ini saya ditinggal istri pergi. Bukan karena istri marah atau saya membuat ulah. Tapi istri pergi karena mengawasi tukang yang sedang merenovasi rumah mungil kami di kota Bandung. Rencana bila pensiun tiba, kami akan menghabiskan hari tua di kota kembang ini. Sebab rumah kami di Bekasi seringkali kebanjiran. Kami harus hijrah untuk hari depan yang lebih baik. (Contoh dari Om Jay)

 

Nah itulah ide-ide menulis seorang guru. Selain ide itu tentu saja banyak ide menulis yang bisa diwujudkan dalam bentuk tulisan yang enak dibaca. Seorang guru bisa menggali ide tulisannya dari apa yang dilihatnya, dipikirkan, dirasakan, dan dialaminya dalam kegiatannya sehari-hari. Sebagai saran alangkah baiknya juga seorang guru menuliskan materi-materi berupa ilmu pengetahuan yang akan disampaikannya kepada siswa-siswi. Nilai-nilai yang harus dikuasai siswa juga bisa dituliskan, baik itu berupa nilai teologis, sosiologis, sampai nilai-nilai teleologis.

 

Sebagai tanggapan dari beberapa pertanyaan yang disampaikan peserta belajar menulis gelombang 18 ini, dibawah ini jawaban yang disampaikan narasumber.

 

Adakah langkah-langkah jitu yang bisa membantu untuk memulai atau merangkai kalimat di awal paragraf? Begitu juga dengan paragraf berikutnya sehingga terbentuknya keterkaitan antar kalimat dan antar paragraph?

 

Untuk menemukan ide dalam menulis, kita biasanya menggunakan semua hasil pengamatan dan pemikiran kemudian menyusun kata atau kalimat-kalimat sesuai yang kita amati dan pikirkan itu. Contohnya sekarang kita misalnya berada dalam satu ruang ujian, tuliskan bagaimana situasinya. Tuliskan ada kamera ada HP kemudian buat rangkaian kata, kalimat-kalimat, dan akhirnya nanti paragraph.

 

Bagaimana menyakinkan diri atau menimbulkan percaya diri bahwa tulisan itu layak dikosumsi umum? Apakah ada cara yang sederhana bagi pemula biar menulis lancar?

 

Ini hanya persoalan jam terbang saja. Kalau kita sering menulis maka lama-lama kepercayaan diri kita akan timbul. Inilah salah satu manfaat kita belajar menulis untuk menumbuhkan kepercayaan diri kita sehingga tulisan bisa dibaca oleh banyak orang. Awalnya sepi pembaca itu wajar tetapi akhirnya nanti kita akan menemukan banyak pembaca dan gaya menulis khas diri sendiri. Hal ini tidak bisa diduplikasi oleh orang lain. Mengapa tidak bisa diduplikasi? karena disusun dari kisah sendiri penulis itu, bisa dari keseharian penuisnya. Menulis dengan gaya bahasa sendiri pada akhirnya akan menemukan gaya menulis yang tidak bisa ditemui oleh orang lain. Sama halnya seperti sidik jari seorang manusia. Walaupun dia kembar tetapi sidik jari tidak bisa sama. Itulah mengapa para guru blogger semuanya mau dan rela mengajari kawan-kawan untuk menulis di blog.

Dengan begitu kita jadi berlatih menulis sesuatu yang sederhana dan sesuatu yang biasa akhirnya menjadi yang luar biasa.

 

Bagaimana agar tulisan menjadi enak dibaca? Dan bagaimana tips agar percaya diri dengan tulisan sendiri terutama yang berkaitan dengan tema keilmuan?

 

Biar enak dibaca tulisannya silahkan dicoba dengan gaya storytelling. Sedangkan tips agar percaya diri dengan tulisan yang berkaitan dengan tema keilmuan, ya harus menggunakan referensi ilmuwan. Jelasnya harus banyak baca. Semakin banyak membaca jumlah jurnal semakin baik kita menulis karena yang sifatnya ilmiah itu memang butuh keterampilan khusus.

Kalau Om Jay biasa lebih suka menulis hal yang alamiah, sesuatu yang ilmiah awalnya dimulai dari sesuatu yang alamiah. Contoh ketika kita menulis di blog itu kan awalnya alamiah tetapi bisa menjadi ilmiah ketika berlanjut menjadi sebuah buku. Kenapa menjadi ilmiah dan bagus? Karena di situ ada tangan-tangan editor yang membuat buku itu menjadi rujukan. Membuat buku dan menjadi bahan bacaan yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk skripsi, tesis, atau bahkan disertasi.

 

Bagaimana sebaiknya nama orang yang terlibat dalam cerita harus disamarkan atau boleh nama aslinya dalam kisah nyata?

 

Pengalaman pribadi itu lebih enak dibaca. Kalau terbiasa bisa menulis apa adanya. Boleh juga menuliskan nama aslinya asalkan kita sudah minta izin sama orang yang bersangkutan. Tidak jadi masalah, hanya ada orang yang memang sangat menjaga privasi mereka nggak mau kisah hidupnya dipublikasikan ke public. Ada orang juga yang terbuka pribadinya sangat sangat terbuka sehingga apa yang kita tulis mereka senang, tapi juga ada orang-orang yang tidak begitu suka ketika namanya ditulis jadi kita memang harus tahu bagimana sipat orang tersebut.

 

Bagaimana cara "membumbui tulisan" agar tidak terasa monoton dan agar pesan tersampaikan pada pembaca?

 

Sebuah tulisan itu akan menjadi lebih sedap lebih renyah dan lebih asyik dibaca kalau ditambah ide-ide. Biasanya itu kisah fiksi tetapi bisa juga dilakukan dengan kisah-kisah non fiksi seperti kegiatan kita sehari-hari yang kita tuliskan. Pentingnya kita membaca tulisan orang lain supaya ada sisipan atau penyedap dan menjadi lebih enak dibaca. Biasanya boleh juga jika suka sedikit mengutip tulisan orang lain tapi tetap mencantumkan sumbernya. Sebenarnya persoalan jam terbang juga, kalau kita sudah terbiasa apapun yang kita tulis tuh akan menjadi enak dan ada kenikmatan tersendiri nanti sebagai pembacanya.

 

Bagaimana agar tulisan yang kita buat tidak ngelantur?

 Sebenarnya tulisan ngelantur itu karena kita mau mengembangkan tulisan itu. Tidak apa-apa sih gak masalah asal masih mengikuti alur cerita yang kita tuliskan. Hanya sesuatu itu harus fokus supaya nyambung antara judul dengan isi. Tidak nyambung itu biasanya nanti pembaca akan bertanya. Pembaca juga akan memberi kritik dan saran. Itulah mengapa kita harus mau berkunjung ke blog orang lain supaya kita banyak belajar dari tulisan kawan-kawan lainnya. Melakukan blog-walking dan membaca tulisan kawan-kawan juga diperlukan sebagai latihan menulis.


 Wallahu'alambishowab.

 

 

 

 

Permenpanrb no. 21 tahun 2024

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 21 Tahun 2024 tentang Jabatan Fungsional Guru. https://drive.google.com/file/d/1rd2qYU...