Selasa, 03 Januari 2023

HAB Kemenag Kab. Sukabumi

 HAB KEMENAG KABSI

Kegiatan rutin upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi dilaksanakan setiap tanggal 3 Januari. Pada tahun ini, pelaksanaannya diselenggarakan di Lapang Cangehgar Pelabuanratu tepat pada hari Selasa, 3 Januari 2023. Upacara dihadiri oleh bapak bupati Kabupaten Sukabumi yakni bapak Drs. H. Marwan Hamami, M.M. yang bertindak langsung sebagai pemimpin upacara. Selain tentu saja seluruh pegawai Kementerian Agama dari berbagai unsur dan tamu-tamu undangan.

 Momen HAB Kemenag Kabupaten Sukabumi :

https://youtu.be/uuOVxwqIy0Q

Pada HAB Kemenag tahun ini, penulis berangkat pada pukul 5.00 WIB pagi karena berangkat tidak membawa kendaraan sendiri tapi menumpang di mobil sahabat pengawas. Rencananya ikut nebeng dengan mobil ketua pokjawas, tetapi tidak sesuai dengan komunikasi awal pukul 5.30 wib waktu berangkatnya, akhirnya ikut dengan mobil ketua Korwas MA mobil milik bapak Dr. H. Makhfud, M.Pd. 

Kemeriahan upacara HAB sangat terasa meskipun cuaca di pagi hari ini adem, dingin, bahkan di tengah-tengah upacara turun gerimis tipis-tipis hingga banyak yang membuka payung. Kemeriahan ini juga semakin terasa bermakna karena momen upacara ini juga menjadi ajang silaturahim sesama pegawai Kemenag. Penulis juga bertemu dengan banyak sahabat seperti sahabat-sahabat guru MAN 1 Cibadak, sahabat dosen STAI Kharisma Cicurug, dan sahabat-sahabat lainnya. 

HAB Kemenag tahun ini juga terasa kemeriahannya dengan adanya keharusan memakai baju daerah masing-masing pegawai. Para pengawas laki-laki terlihat gagah dengan baju ala pengantin dan baju khas sunda. Sedangkan pengawas perempuan memakai seragam kebaya modern. Ciamik pokoknya.

Sebagai pegawai Kementerian Agama, penulis juga ikut serta memeriahkan HAB ini bukan saja pada pelaksanaan upacaranya namun ikut serta juga menghadiri beberapa kegiatan seperti lomba fashion show, pertandingan lomba ngaliwet, jalan santai yang sudah dijadwalkan panitia. 

Dari rangkaian upacara HAB Kemenag tahun ini, ada yang sangat menarik perhatian penulis yakni sebuah spanduk yang bertuliskan "Launching CIMADHU - Civitas Madrasah Dawam Wudhu". Entah siapa kreatornya tapi yang pasti itu dari seksi pendidikan madrasah yang digawangi oleh kepala seksi bapak H. Maman Hidayat, S.Ag., M.Ag., M.Si. Ajakan sederhana untuk tetap menjaga wudhu, menjaga kebersihan badan dan kolbu. Luar biasa, penulis sendiri sangat terkesan sampai waktu upacara itu fokus memperhatikan spanduk itu. Terima kasih tadzqirohnya.


#Catatan kecil Diaryku
#Pengawas Madrasah
#Selasa, 3 Januari 2023




2 komentar:

  1. Akronimnya cetar semoga bisa diaplikasikan

    BalasHapus
  2. Iya Bun. Diaplikasikan dengan membiasakan diri, berat tapi insya Allah bisa. Terima kasih ya.

    BalasHapus

Siap Asesmen Madrasah

 ASESMEN MADRASAH TP 2023-2024         Di bawah ini disajikan prosedur operasional standard (POS) asesmen madrasah tahun pelajaran 2023-2024...