Kamis, 19 Januari 2023

Usaha_Kamis, 19012023

USAHA
Oleh: E. Hasanah

       Usaha adalah kegiatan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai suatu maksud; perbuatan, pekerjaan, prakarsa, ikhtiar, daya upaya untuk mencapai sesuatu. Itu definisi kata USAHA menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Setiap orang diwajibkan untuk melakukan usaha dalam hal apapun dalam kehidupannya. Bahkan dalam ajaran Islam, usaha ini menjadi suatu keharusan agar setiap kita bisa hidup mandiri, tidak tergantung kepada orang lain, dan dapat menafkahi keluarganya, selain tentu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri.

    Dalam Al-Qur'an surat ke-2 Al-Baqarah, 261 menyebutkan bahwa,
“perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah akan melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui." 

Salah satu usaha yang aku lakukan sekarang ini adalah mewujudkan terbitnya buku solo.  Usaha ini mulai dilakukan karena ada keinginan memiliki buku puisi sendiri. Karya tulis berbentuk puisi yang telah ditulis dan berceceran dapat dikumpulkan. Usaha ini hampir segera terwujud. Aku merasa sangat bersyukur ada yang selalu siap membantu. Aku telah berkoordinasi dengan Bu Kanjeng yang akan membantu menghubungi pihak penerbit. Naskah disampaikan, namun masih ada kekurangan yakni belum ada sinopsisnya. Akhirnya aku susun sinopsis untuk buku solo ini.

Ini sinopsis dari buku solo yang akan aku terbitkan segera.

dokumen pribadi

Selaksa Suara Sukma
Kumpulan Puisi
 Melukiskan aneka rasa dan pikir melalui kata-kata estetis, padat makna, menggunakan diksi, rima, irama, dalam larik dan bait, itulah salah satu ciri bentuk puisi. Dalam puisi inilah, Penulis menuangkan suara hati dan pikirannya dalam perjalanan panjang menelusuri titian waktu yang dilewati.
 Buku “Selaksa Suara Sukma – Kumpulan Puisi” adalah koleksi puisi karya penulis berupa berbagai untaian kata penuh makna dan pesan hikmah yang tersaji dalam berbagai ragam jenis dan bentuk. Penulis bersemangat merenda aksara, menuangkan isi hati mengungkapkan pikiran, untuk melepaskan ide dan wawasan yang menggugah hati pembacanya.
 Sungguh membacanya akan membuat kita meresapi, merasakan, dan memberi inspirasi dalam memaknai setiap hal dalam kehidupan ini. Semoga memberi manfaat dan pencerahan bagi pembacanya untuk terus berbuat hal baik dalam mengisi hidup ini.
 Selamat membaca dan menikmati tiap deretan kata penuh makna. Happy reading. Salam literasi.

    Itulah sinopsis untuk buku solo yang akan segera terbit. Usaha aku iringi dengan doa. Mudah-mudahan Allah SWT meridhoi segala apa yang aku lakukan. Aku berharap buku solo ini akan bermanfaat dan menemui takdirnya. Usaha telah aku tunaikan, sekarang aku pasrahkan semuanya kepada-MU Ya Allah.

cag***

#Menulis adalah memberdayakan jari menuangkan sesuatu yang dirasa dan dipikir.

#Lagerunal, Kamis Menulis, Edisi 19 Januari 2023


 


11 komentar:

  1. Mantap Bun dah mau lahiran buku solonya lg ni..keren..

    BalasHapus
  2. aamiin, semoga usahanya berbuah hasil yang manis dari menulis

    BalasHapus
  3. Wah.. pasti yang komentar akan di kasih hadiah buku baru nih..
    Terimakasih bunda.. hehe..

    BalasHapus
  4. Alhamdulilah..usahanya smg lancar buk..sukses untuk buku puisi solonya...

    BalasHapus
  5. Wah, semangat Bu....
    Nanti akan terpikir untuk buku kedua ketiga dst....

    BalasHapus
  6. Selamat menunggu lahirnya buku solo berikutnya. Duh, jadi pengin juga nih.

    BalasHapus
  7. Akhirnya buku solo puisi bentar lagi menetas. Selamat bundaku, semoga lancar sampai lahiran ya

    BalasHapus
  8. Keren...buku solo . Jadi kepanasan ...Selamat Bunda E. Hasanah tambah memberi semangat kpd kita .

    BalasHapus
  9. Mantab, sebentar lagi buku solo ada di tangan. Ini adalah buah dari suatu usaha dan berdoa.

    BalasHapus
  10. Selamat atas terbitnya buku puisinya. Buah nyata usaha yang luar biasa.

    BalasHapus
  11. mantab dan keren bu, menginspirasi

    BalasHapus

Siap Asesmen Madrasah

 ASESMEN MADRASAH TP 2023-2024         Di bawah ini disajikan prosedur operasional standard (POS) asesmen madrasah tahun pelajaran 2023-2024...