Selasa, 19 Januari 2021

Ingin Belajar Parafrase

 Tulisan Sore

Oleh: E. Hasanah

Sekarang ini jika aku bertemu teman atau saudara pertanyaan yang selalu keluar dari mulutku adalah apa kabarmu? Atau sehat kan sekarang? Bagaimana kabarmu? Ini karena masa pandemi yang membuat aku selalu hawatir.

Pertanyaan itu ditujukan untuk diriku sendiri juga. Bagaimana kabarmu hai jiwa ragaku? Aku harus jujur pada diriku. Jawabku aku bersyukur aku sehat walafiat. Namun ada rasa hawatir yang seharusnya tidak muncul. Usiaku sudah kepala lima jadi aku harus tetap menjaga tubuh tetap sehat. Dan yang terpenting tetap menjaga emosi, dan selalu bersyukur. Walau kadang hati sukar meletakkan harapan di tengah ketidakmampuan menghadapi pandemi dan kerapuhan menatap ketidakpastian masa yang akan datang.


Oh ya hari ini aku pergi ke kantor karena punya janji untuk bertemu dan melayani. Pada waktu istirahat setelah selesai salat zuhur, biasa aku buka blog dari sahabat dan membaca opini dari beberapa penulis. Ada yang menarik perhatian yakni tentang PARAFRASE.

Parafrase ini digunakan penulis untuk menghindari plagiarism. Penulis buku melakukan parafrase dari kutipan langsung menjadi kutipan secara tidak langsung. Parafrase merupakan salah satu cara meminjam gagasan atau ide dari sebuah sumber tanpa menjadi plagiat. Menurut Kamus Oxford Advanced Leaner’s Dictionary, parafrase merupakan “cara mengekspresikan apa yang telah ditulis dan dikatakan oleh orang lain dengan menggunakan kata-kata yang berbeda agar membuatnya lebih mudah untuk dimengerti.”

===============Nantikan tulisan tentang paraphrase nanti ya ============

2 komentar:

  1. Parafrase itu mengubah bait puisi menjadi paragraf yaa Bu...

    BalasHapus
  2. Bukan pak Indra... Mudah2an nanti ada master yang menjelaskan. Pendeknya sich ini "cara mengekspresikan apa yang telah ditulis dan dikatakan oleh orang lain dengan menggunakan kata-kata yang berbeda agar membuatnya lebih mudah untuk dimengerti.”

    BalasHapus

Siap Asesmen Madrasah

 ASESMEN MADRASAH TP 2023-2024         Di bawah ini disajikan prosedur operasional standard (POS) asesmen madrasah tahun pelajaran 2023-2024...