Selasa, 15 Desember 2020

Kiat Menulis Buku

 

Resume

Selasa, 15 Desember 2020

 

Kiat Penulisan Buku dari Hasil Resume 

(Menjadi Buku ber-ISBN)

          Menulis di usia 55 tahun, wah ini luar biasa. Jadi motivasi bagi kami untuk mencoba kiat-kiatnya. Pengalaman Bapak Mukminin, S.Pd.,,M.Pd. seorang guru kelahiran Jombang, 6 Juli 1965. Beliau berstatus PNS yang bertugas mengajar di SMP I Kedungpring Lamongan. Mengajar sejak 1989 sampai sekarang tahun 2020, telah jadi guru 31 tahun. Malam ini menjadi narasumber dalam pertemuan pertama pelatihan menulis buku dari hasil resume (buku ber-ISBN). Moderator cantik bunda Noralia Purwa Yunita guru di SMP 8 Semarang memandu acara dengan ciamik. Mudah diikuti dan dipahami.

Menarik pernyataan beliau bahwa baru belajar menulis di usia senja. Merendah, padahal hobinya juga membaca dan menulis kok. Selain bisa ditebak pasti guru Bahasa Indonesia karena latar belakang pendidikannya dari jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Menurutku sich beliau sudah pintar menulis dari dulu hanya kesempatan untuk dibukukan saja belakangan ini. (Benar enggak ya?)

 


Ini sosok Bapak Mukminin, S.Pd..M.Pd.

          Buku yang beliau terbitkan adalah buku solo 55 Pantun Nasihat (2020) penerbit Kelompok Majas Bojonegoro. Juga buku berjudul Jurus Jitu Menjadi Penulis Handal Bersama Para Pakar  ( Percetakan Pustaka Ilalang, penerbit Kamila Press, 2020), selain buku-buku yang diterbitkan dengan kawan-kawan.

         

A.    Materi yang disampaikannya:

Membahas tentang resume yakni tulisan yang istilahnya wajib dibukukan atau dijadikan buku biar bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Pembahasan materi dibagi 2 sesi. Sesi pertama 35 menit share materi dan 50 menit sesi tanya jawab. Harapannya guru yang belum bisa menulis dan menerbitkan buku menjadi bisa. Ini berarti juga membantu guru bisa mendapatkan sertifikat dari Pengurus PGRI pusat. Buku dan sertifikat pada akhirnya juga bisa digunakan untuk kenaikan pangkat (KNP) guru tersebut. Guru diharapkan bisa menerbitkan buku-buku, selanjutnya dalam rangka meningkatkan literasi karena Indonrsia terpuruk  di urutan ke 2 paling bawah di dunia.

Membuat resume jangan asal-asalan copy paste saja tapi penulis harus bisa mengambil inti sarinya dan menambahkan pendapat pakar yang lain juga pendapat sendiri dan jadikan sebuah ilmu. Itu yang penting kita pegang, dan menggunakan  bahasa kita sendiri yang apik, runtut, dan renyah.

Jadi bisa kita ambil dari google untuk melengkapi naskah resume yang mau dijadikan naskah buku. Jagan lupa dengan menuliskan sumbernya. Mungkin wikipedia, kamus besar BHS Indonesia. Atau menurut .... dalam.bukunya  dan sebagainya. Sebelum menulis ruseme, maka perhatikan untuk memberi pendahulaun atau intro agar enak dibaca bukan ujug-ujug langsung materi. Kemudian luangkan waktu untuk blog-working / kunjung ke blog teman-teman lain. Ini untuk memberi support dan kementar, dan tentu untuk mencari ilmu.

 

Silahkan baca: 

https://cakinin.blogspot.com/2020/04/menulis-dan-menerbitkan-buku-digital.html

         

          Selanjutnya naskah buku dari resume kita jadikan 1 file word ( Time New Roman 12 spasi 1,5 margin 2,2,2.) Langsung ukuran A5 yaitu ukuran 24 X 15 cm atau word, dan tim dari percetakan yang ngatur. Tapi harus ingat diurutkan dalam daftar isi sesuai judul buku dengan cermat mana sub judul atau materi yang didulukan. Bisa berkali-kali direvisi urutannya. Setelah itu diedit berkali-kali perjudul sampai sesuai bahasa baku. Dan benar-benar, naskah siap dijadikan buku sehingga pembaca tidak kecewa dan senang.

Setelah disiapkan judul yang terbaik, menarik pembaca, maka judul disimpan dalam 1 file naskah buku yang diurutkan dari judul buku, persembahan jika perlu, kata pengantar boleh diri sendiri atau lebih baik pakar menulis, atau tokoh bisa dosen, penulis dan sebagainya, daftar isi, naskah buku, sinopsis, biodata penulis terakhir daftar Pustaka.

Untuk Cover buku kalau bisa meminta cetak buku ke penerbitkan KAMILA PRESS LAMONGAN. Boleh buat sendiri atau dibuatkan sesuai dengan selera warna apa, ada foto diri tidak, ada gambar apa, bebas. Lanjut dibuatkan promo buku juga.

 

B.     Pertanyaan dan tanggapan dari peserta pelatihan

1.      Dari ibu Rodiyah, Bekasi

1. Saran jangan terlmpau cepat

2. Bagaimana kala menulis dari rangkuman materi webinar selama pandemi tentu saja berdasarkan kiat-kiat yang akan pelajari.

Tanggapannya;

1.      Saran diterima.

2.      cara kita merangkung dari materi wibinar slm.pandemi ini adalah

1. mohon disiapkan paketan ada sinyal ok, ibu sersan saja (serius mengikuti dengan santai, siapkan alat tulis, ringkas yang penting-penting atau pokok-pokok saja, tulisan yang jelas jangan sampai habis  mencatat tidak bisa baca tulisan sendiri.

2. Kalau ada slide tampilan bisa discreenshot.

3. Selesai wibinar langsung tulis kembali karena ingatan masih tajam supaya tidak hilang.

2.  Dari guru atau kepala TK

Saya ingin sekali membuat buku untuk paling tidak untuk koleksi perpustakaan lembaga saya, lalu untuk kriteria buku untuk anak itu yang bagaimana yang bisa disebut buku?

Tanggapan narasumber;

Ibu guru yang kreatif bisa membuat buku cerita singkat-singkat dengan disertai gambar yang menarik berwarna kalau bisa. Karena anak TK suka ada gambar-gambar sambil diajak bercerita. Cerita yang mendidik hampir seperti komiklah. Silahkan buat cergam (cerita bergambar minimal 60 halaman dengan judul, kata pengantar).

3.    Bertanya.untuk membuat artikel ada ketentuannya atau tidak.

Tanggapannya; Untuk menulis artikel ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi untuk pertanyaan ini dipending dulu. Akan dishare lain kali.di WA grup. Ini. Karena malam ini tentang belajar dari resume menjadi buku.

4.    Dari Pak Tri sutrisno, Kepri

1. Saran: usahakan fokus pada materi pokok.

2. Apakah dalam membuat resume boleh mengutip dri Blog org lain? Lalu bagaimana cara mengutip sumbernya.

Tanggapannya;

1.Disetujui

2.        Manusia yang mampu menghadapi dan menyelesaikan masalah itu disebut sebagai manusia unggul. M.Iqbal Darwami dalam buku unik karyanya, Ngapain Sekolah Tinggi-tinggi Jika Cuma Beternak Bebek? Renungan-renungan Sukses, Karya, Kreatif, dan Bahagia (Yogyakarta: Diva Press, 2012).

5.    Dari ibu Heri gusrini Pekabaru Riau kab. Kampar, TK Ummu raqasha smart.

1.bolehkah kita menulis itu dari pengalaman pribadi

2.langkah awal yang harus dimulai dalam menulis buku itu yang terpenting apa ya?

Tanggapan:

1. Sangat boleh menulis pengalaman pribadi (bisa jadi buku Auto biografi) sejarah hidup diri sendiri yang ditulis sendiri.

2. Langkah awal menulis adalah NIAT KUAT untuk menulis (nawaitul-nya yang ditata) dengan sungguh-sungguh dan langsung menulis jangan ditunda dengan niatan berbagai pengalaman yang baik bagi orang lain.

6.  Dari ibu Suyati dari Purbalingga

1. Dari resume yang kita buat di belajar menulis apakah harus kita edit kembali agar sesuai dengan tujuan buku? Termasuk judul-judul resume? Judul buku dari penulis atau dari penerbit?

2. Berapa banyak resume minimal yang bisa dibuat buku? Bisakah ambil dari luar resume? (jika mau tambah)

Tanggapannya;

1.      Betul sudah disampaikan di atas resume harus dijadikan ilmu. Jadi harus diambil pokok-pokok yang penting kita tambah dengan pendapat pakar lain, dengan pendapat kita, bisa tambah dari mbak google. Supaya sesuai dengan judul buku kita. Pengeditan pertama dari penulis lalu sudah matang bagus kirim ke penerbit, lalu layout dan edit kembali terus dikirim ke penulis kembali untuk dicek lagi mungkin ada yang perlu.diedit kembali. Kalau ada penerbit edit lagi sesuai keinginan penulis. Deal baru cetak. Minimal buku dicetak 60 halaman. Boleh ambil dengan yang ada hubungannya dengan judul buku. Meteri / naskah yang mendukung.

7.    Pertanyaan Bapak Imam Shofwan:

1.      Mohon dijelaskan, apa saja Langkah-langkahnya atau tahapan runtutnya dalam menulis buku dari materi online?

2.      dalam membuat buku, apakah font nya ada ketentukannya, atau terserah kita. misalnya kita menulis font ada yang 16 atau 14, tidak harus 12 fontnya

Tanggapan:

Selanjutnya bapak ibu guru serta sauadar2 sekalaian yg hebat naskah buku kita jadikan 1 file word (Time New Roman 12 spasi 1,5 margin 2,2,2.) Langsung ukuran A5 yaitu ukuran 24 X 15 cm atau word biasa kita tim dari percetakan yg ngatur.

8.    Pertanyaan dari pak Wildani

Apa ada tips dan trik untuk membuat resume sesuai isinya padat dan jelas?

Tanggapan:

Tipsnya sudah disampaikan di atas. Kita awali dengan intro / pembuka dulu sebelum masuk materi inti lalu ambil pokok-pokoknya dengan menambah dari luar bisa google, buku pendapat ibu yang mendukung sehingga resume itu jadi ilmu.

Review dicukupkan dulu

To be continued

Materi yang hebat dan mantap… Terimakasih Cak Inin

 

Buku-buku hasil karya narasumber




10 komentar:

  1. Terima kasih luar biasa langsung resume jadi. Mantab. Yuk sgr terbitkan.buku Anda shg bermanfaat bg orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng banget aku dikunjungi masternya, thanks God.
      Terimakasih ya materinya luar biasa hebat, sukses ya.

      Hapus
  2. Ha ha seperti membaca SMS padahal karakter tidak terbatas loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi menyimpan ilmu pak, biar tidak lupa. Terimakasih ya telah berkunjung.

      Hapus
  3. Mantaap pak... Langsung jadi, secepat kilat..🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi biar tidak lupa bun. Terimakasih ya telah mampir.

      Hapus

Siap Asesmen Madrasah

 ASESMEN MADRASAH TP 2023-2024         Di bawah ini disajikan prosedur operasional standard (POS) asesmen madrasah tahun pelajaran 2023-2024...