Selasa, 15 Desember 2020

Blog Bekerja

 

BAGAIMANA SEBUAH BLOG BEKERJA?

Selasa sore menjadi waktu yang sangat dinantikan. Alasannya sederhana karena kami akan belajar bersama tentang seluk beluk nge-blog. Bagi bloger pemula seperti aku, mendapatkan ilmu dan masuk komunitas orang-orang hebat di komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional (Lagerunal) menjadi berkah tersendiri. Selain gratis hi hi hi juga ilmu ngeblognya langsung disampaikan oleh master-master blogger handal. Terimakasih ya.

Sore ini selasa, 15 Desember 2020 materi yang disampaikan adalah bagaimana sebuah blog bekerja?. Wah menarik sekali… apalagi narasumber wow kerreeennnn… Bapak Ubaidillah, S.Pd.I., dengan moderator berpengalaman bunda Aam Nurhasanah, S.Pd. Ketika melihat profil narasumbernya, semakin kagum aku.

Boleh baca di sini: https://bairuindra.com/portofolio


 


Dalam prakata sebelum materi, Pak Bai Ruindra (nama di blognya) merendah menyampaikan bahwa “hanya membagi sedikit pengalaman ngeblog yang bisa diambil manfaatnya”. Padahal prestasinya sudah berjejer puluhan.

KAIDAH DASAR BLOG

          Menulis di Blog harus rutin. Blog tak lain media personal yang kekinian. Pada dasarnya, menulis di blog sama dengan menulis di media massa online lain. Bedanya, tidak ada editor dan blogger sendiri yang melakukan optimasi (masuk ke halaman pencarian maupun share media sosial). Kaidah menulis di blog sama juga. Ejaan yang benar sangat diperlukan, tanda baca juga harus tepat. Gaya bahasa disesuaikan dengan penulis itu sendiri. Langkah awalnya adalah menentukan isi dari blog itu sendiri. Coba perhatikan blog besar, mereka punya ciri khas tersendiri. Apakah itu traveling, maupun teknologi. Karena kita bukan seorang traveler, cuma menulis blog suka-suka, maka nggak ada masalah untuk menulis apa saja asalkan rutin. (saran pak Bai)

 

Kemudian apa yang harus dilakukan?

1.    Update Blog Wajib

Persaingan kita adalah media besar yang tiap hari menulis blog, maka kita harus rutin update blog. Apakah seminggu sekali maupun 3 hari satu tulisan saja sudah cukup.

2. Pemilihan Nama Blog

     Nama blog dibuat dengan mudah diingat, karena ini akan menjadi personal branding kita di kemudian hari. Nama yang mengandung huruf yang mudah dibaca akan lebih baik. Pembaca nanti akan mengingat nama blog kita dengan mudah.

3.    Blog berbayar atau gratis?

Perhatikan juga personal blog kita, blog berbayar atau tidak. Contohnya, nama.com atau nama.co.id, bukan gratisan seperti nama.blogspot.com atau nama.wordpress.com. Pengaruh ke Google atau mesin pencari lain sangat besar. Blog berbayar akan mudah masuk ke halaman 1 Google karena dipercaya atau tidak termasuk ke dalam akun ‘boot’.

4.    Serius di Dunia Blog

Jika sudah yakin tidak ada salahnya mulai serius dari menulis blog. Ada sebagian orang menganggap blog sebagai sarana main-main. Tetapi, pandangan tersebut salah besar. Seorang penulis best seller, mulai membiasakan menulis dari blog, di antaranya Raditya Dika maupun Mark Manson yang buku ‘blog’nya masuk Internasional Best Seller. Blog tak lain latihan menulis itu sendiri. Seberapa yakin kita mau menulis blog dan bagaimana blog mengubah diri kita menjadi seorang penulis berbakat. Serius di dunia blog juga bisa mendatangkan uang dari kerjasama blog, sponsor dari berbagai pihak, menang lomba maupun digaet penerbit mayor untuk menerbitkan buku di penerbit mereka.

5.         Sponsor Datang Begitu Saja

Harus diakui, menulis blog memang sulit bagi yang baru memulai. Tetapi, bayangkan saja jika sebuah apel yang dimakan secuil lama-kelamaan akan ketagihan. Blogger hanya perlu strategi untuk menjadikan blog sebagai sarana berbagi (yang dalam tanda keinginan besar adalah mendapatkan penghasilan). Ada banyak cara mendapatkan penghasilan dari dunia blog. Salah satunya, iklan Google Adsense (maupun sejenis) yang bermodal klik dari pengunjung, dan juga untung-untungan pada trafik blog. Untuk cara ini banyak keluhan ditolak Google karena belum tahu celah.

Cara lain mendapatkan uang dari blog adalah ikut lomba. Sekarang ini banyak sekali lomba yang bisa diikuti dengan hadiah yang menggiurkan. Ada jalan-jalan gratis, laptop, smartphone dan tak jarang uang tunai. Bagaimana mendapatkannya, adalah cari celah dan belajar dari pemenang sebelumnya.

Sponsor sekarang banyak sekali datang untuk kerjasama dengan blogger. Syarat utama adalah DA maupun PA (akan dibahas terpisah), dan juga rangking di Google blog dimaksud. Makin sering menulis, dan makin paham SEO maka blog akan makin terkenal. Dengan demikian, sponsor akan datang begitu saja.

6.    Di Blog Tidak Asal Menulis Saja

Ada yang sebut, menulis blog ‘asal’ saja karena hobi. Sudut pandang demikian haruslah diubah karena menulis blog tidak boleh asal-asalan. ‘Uang lelah’ harus masuk perhitungan, maka syarat utama adalah menulis dengan ‘baik’ agar menang lomba, atau menulis sesuai kaidah SEO agar masuk ke halaman pertama, kedua, ketiga dan seterusnya di mesin pencari (Google, Bing dan lain-lain).

Untuk sampai ke sini, seorang blogger harus paham minimal soal SEO atau kenapa sebuah tulisan bisa masuk dengan mudah di Page 1. Cara ini harus dipelajari oleh Blogger, karena 1000-5000 kata akan sia-sia jika tidak ada yang baca.

Kaidah ini bukan saja soal bagus menulis semata melainkan apa yang diinginkan pembaca dan bagaimana Google bekerja. Dengan begitu, tulisan kita tidak sia-sia dan akan mendapatkan tempat yang layak di mata Google.

Materi yang luar biasa… Mantap pak Bai.

Ada pertanyaan nih dari bunda Aam Nurhasanah, moderator kita, bagaimana agar kita melawan rasa malas saat mau menulis di blog?. Jawabnya sederhana dikembalikan ke diri kita, intinya adalah ingin atau tidak untuk menjadi sesuatu dari menulis blog ini.

Pada dasarnya malas itu karena kita tidak tahu mau menulis atau atau kita belum menemukan style dari blog kita sendiri. Pertama, saya sarankan ubah domain dulu ke berbayar agar rasa malas itu berkurang. Kita udah ada tanggung jawab lebih karena domain sudah mahal, template sudah bagus dan setelah itu akan datang kerjasama yang membuat kita makin semangat (Sangat setuju dengan jawabannya).

     Menarik pertanyaan dari bu Nini Martini Palu;

1. Bagaimana menambah tulisan di blog

2. Bagaimana mendapatkan blog berbayar

3. Biasanya blog berbayar berapa perbulan atau perpaket

Jawaban Master Bai;

1. Tulisan di tambah melalui dashboard di Blogger maupun Wordpress. Masing-masing dashboard berbeda jadi bisa dipelajari terlebih dahulu bentuknya. Untuk tulisan sebaiknya sebelum di salin ke badan blog di pastekan terlebih dahulu ke Notepad baru copy lagi dan pastekan ke badan blog.

2. Blog berbayar mudah sekali sekarang, dari hosting Indonesia maupun luar negeri. Namun untuk pemula saya sarankan pakai Indonesia saja terlebih dahulu dan itu cukup terjangkau untuk kantong kita.

3.    Pilihannya, jika kasih awal bisa pakai yang Rp 100-an per tahun. Jadi nggak akan rugi, asalkan sudah berbayar, blog udah disebut professional.

Salat Ashar dulu ya… jangan kelewat

Reviewnya to be continued….

9 komentar:

  1. Luar biasa bu guru... Semangat banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bun... disimpan ilmunya, Maklum sudah emak2 cepat lupa.
      terimakasih ya sudah mampir.

      Hapus
  2. Semoga bermanfaat ya Bu, terus semangat menulis blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah senengnya master berkunjung. Terimakasih ya ilmunya. doaku mudah2an semakin sukses ya.

      Hapus
  3. Mantafff bun ... terima kasih resumenya

    BalasHapus
  4. Lengkap isinya bertambah ilmuku. Semangat menulis tuk berbagi manfaat 👍👋🙏

    BalasHapus

Siap Asesmen Madrasah

 ASESMEN MADRASAH TP 2023-2024         Di bawah ini disajikan prosedur operasional standard (POS) asesmen madrasah tahun pelajaran 2023-2024...