Sabtu, 26 Desember 2020

Wisuda

 Pentigraf#9

WISUDA

Oleh: E. Hasanah

Ruang yang akan digunakan acara sedang ditata. Podium diletakkan di sebelah kanan. Meja panjang dipasangi taplak berwarna ungu lembut. Kursi-kursi berjajar berjarak. Bunga di atas meja menambah manis tata letak. Tidak ketinggalan bendara merah putih dan bendera kebanggaan lembaga berdiri tegak serta spanduk besar digantungkan di dinding. Selesai persiapan, acara siap digelar.


Pagi-pagi gerimis. Satu persatu petinggi kampus berdatangan. Hanya beberapa orang saja. Menempati kursi yang telah disediakan. Kameramen handal siap berperan. Link youtube telah dishare. Acara dimulai dari pembukaan, terus berurutan. Orasi ilmiah seakan menggugah hati dan jiwa. Pesan terakhir terucap, setinggi apapun ilmu yang didapat, tetaplah bijak. Contohlah padi semakin berisi, semakin menunduk.


Prosesi pemanggilan wisudawan dimulai.  Nama mereka dipanggil satu persatu. Wisudawan biasanya naik ke atas panggung dengan penampilan maksimal lalu mengenakan toga. Pemindahan tali toga sebagai tanda kelulusan mereka, menjadi momen inti yang dinantikan. Sekarang petinggi kampus berdiri terpaku di depan layar menyaksikan orangtua atau walinya memindahkan tali toga itu. Pandemi mengubah kultur akademisi.


Sukabumi, 26 Desember 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siap Asesmen Madrasah

 ASESMEN MADRASAH TP 2023-2024         Di bawah ini disajikan prosedur operasional standard (POS) asesmen madrasah tahun pelajaran 2023-2024...