Senin, 07 Desember 2020

Waktu Mustajab Doa

 

Waktu Mustajab Doa

ehasanah675@gmail.com

 



Sudah 2 hari ini hujan mengguyur, hampir tak berhenti, gerimis dan hujan intensitas sedang.

Kemarin sih hari ahad, jadi sepanjang hari di rumah gak jadi masalah. Nah sekarang ini senin, hari pertama kerja, the first day of weeks, harus berangkat memenuhi kewajiban bagi sebagian orang.

Untuk orang-orang tertentu, bahkan hujan membuat mereka terganggu pekerjaannya. Misalnya ketika harus memenuhi janji bertemu klien, ada meeting, dan aktivitas lain yang tidak bisa ditinggalkan. Hujan bisa menjadi masalah dan membuat mereka mengeluh.

Teringat guruku dulu, beliau mengatakan saat hujan yang harus dilakukan adalah berdoa. Karena itulah salah satu waktu mustajabnya doa.

 Kita memahami dan mari renungkan hadits-hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa do’a akan mudah dikabulkan, ketika hujan turun.

Hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

 

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ”

 

“Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.”

 

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni[1]mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

“Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.”

 

Do’a yang amat baik dibaca kala itu adalah memohon diturunkannya hujan yang bermanfaat. Do’a yang dipanjatkan adalah,

“Allahumma shoyyiban naafi’aa [Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat].”

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam mengucapkan ini ketika melihat turunnya hujan. Hal ini berdasarkan hadits dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

”Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”.

Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan.”

  


 

Al Khottobi mengatakan, ”Air hujan yang mengalir adalah suatu karunia.”

Mari jangan sia-siakan kesempatan ini untuk berdoa demi kebaikan diri, keluarga, kerabat serta muslimin muslimat.

Semoga hujan membuat kita bersyukur. Tetap jaga kesehatan di masa pandemi. Lakukan protocol kesehatan dan bertawakal kepada Allah SWT.

12 komentar:

Siap Asesmen Madrasah

 ASESMEN MADRASAH TP 2023-2024         Di bawah ini disajikan prosedur operasional standard (POS) asesmen madrasah tahun pelajaran 2023-2024...