Kamis, 24 Desember 2020

Pentigraf_Emak Panen

 Pentigraf#8

EMAK PANEN

Padi di sawah mulai menguning, Emak merasa sangat senang. Tinggal menunggu beberapa hari lagi untuk dipanen. Bersyukur Emak panjatkan kepada sang pencipta, hama padi berupa burung-burung kecil tidak banyak menyerang padinya. Dengan senyum merekah, Emak sekarang akan menyiapkan karung, menyuruh Mang Kemed untuk memotong padinya, dan menyiapkan uang untuk buruhnya.


Minggu pagi Mang Kemed sudah berada di sawah. Emak datang membawa makanan dan air minum. Sambil menikmati pemandangan alam desanya yang sejuk, Ia menginjakkan kakinya di pematang. Bahagia hati Emak, yakin panennya akan beruntung. Damai hati Emak bercengkrama dengan suasana jiwa yang menyatu dengan alam pesawahan sebagai tempatnya mencari penghidupan.

 

Lebih dari 20 karung padi hasil panen musim ini. Namun belum satu ton, jadi pikir Emak belum masuk nisab untuk mengeluarkan zakat. Nanti kalau sudah dijemur, digiling, dan berasnya saja akan dibagikan kepada tetangga dekat sebagai penggnti zakat. Hari ini Emak menjemur padinya. Perlu 3 atau 4 hari sampai padinya siap digiling. Namun apa yang terjadi? Setiap padi ditebarkan dalam jemuran, ratusan burung-burung kecil mendatangi dan memakan padinya. Banyak sekali ini jumlah burungnya. Sampai kewalahan dibuatnya, Emak sangat Lelah. Emak hanya mengusap dada sambil berdoa Ya Allah ampuni hamba. Hamba akan keluarkan zakatnya sebelum padi ini digiling. Hati Emak mendadak damai.

14 komentar:

  1. Belajar dan introspeksi diri dari fenomena alam. Sebuah pelajaran yang baik.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. iya kadang zakat disepelekan bun.
      Terimakasih ya sudah mampir.

      Hapus
  3. Belajar dari alam dan burung..... mantap Bu tulisannya. Salam sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih master... sy belum semantap masternya.

      Hapus
  4. Ada ilmu yang didapat saat burung kecil memakan biji padi, yang akhirnya keputusan dibuat. Joss Ibu !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya master... pada kata-kata master ini saya harus belajar.

      Hapus
  5. Keren emak segera instrospeksi diri, dan memperbaiki keputusan yang akan datang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul bun... burung juga memberi pelajaran ya. Terimakasih ya bun.

      Hapus
  6. Benar-benar menjadi benar dengan belajar dari hal-hal kecil di sekitar.

    BalasHapus
  7. Banyak jln dan cara Allah untuk mengingatkan kita agar kita bisa berdamai dg hati..n sll mnsyukuri apa yg tlh Allah beri dg berbagi

    BalasHapus

Siap Asesmen Madrasah

 ASESMEN MADRASAH TP 2023-2024         Di bawah ini disajikan prosedur operasional standard (POS) asesmen madrasah tahun pelajaran 2023-2024...